Taktikqq.com
HOT NEWS

Lucien Laurent, Pencetak Gol Pertama Piala Dunia

Lucien Laurent, Pencetak Gol Pertama Piala Dunia

Lucien Laurent, Pencetak Gol Pertama Piala Dunia-Jakarta, CNN Indonesia — Striker Lucien Laurent mencatatkan sejarah di Piala Dunia sebagai pemain pertama yang mencetak gol di turnamen empat tahunan tersebut.

Gol tersebut ditorehkan pada Piala Dunia 1930. Uruguay merupakan negara yang terpilih menjadi tuan rumah di ajang perdana itu.

Laurent mencetak gol pertama itu pada menit ke-19 ketika timnas Prancis melawan Meksiko dalam penyisihan Grup 1 di hadapan kurang lebih empat ribu penonton Estadio Pocitos, Montevideo, pada 13 Juli 1930.

“Tentu saja pada saat itu saya tidak bisa membayangkan pentingnya dari gol yang saya buat. Kami bahkan tidak tahu Piala Dunia akan berlangsung sampai sekarang,” kata Laurent seperti yang dikutip dari First Post.

“Saya ingat ketika saya sampai rumah, hanya ada sedikit ulasan [Piala Dunia] dalam salah satu koran. Sepak bola masih kecil saat itu,” katanya menambahkan.

Lucien Laurent, Pencetak Gol Pertama Piala Dunia

Gol pertama tersebut kemudian berujung kemenangan bagi timnas Perancis.

Lucien Laurent, Pencetak Gol Pertama Piala Dunia-Tim asuhan Raoul Caudron tersebut menang dengan skor 4-1 atas Meksiko.”Kami pergi ke Uruguay menggunakan kapal laut. Butuh waktu dua pekan dan kami berlatih di dek kapal setiap pagi, dan berlari di atasnya pada siang hari,” ucap Laurent.

Kendati begitu, timnas Prancis gagal lolos ke semifinal lantaran berada di peringkat ketiga Grup 1 dengan perolehan dua poin. Mereka kalah Argentina (0-1) dan Chile (0-1) yang berada di peringkat pertama dan kedua dengan perolehan enam poin dan empat poin. Sementara Meksiko terpuruk di dasar klasemen Grup 1 tanpa poin.

Argentina yang mewakili Grup 1 berhasil mencapai babak final.

Lucien Laurent, Pencetak Gol Pertama Piala Dunia-Namun, mereka kalah dari tim tuan rumah dengan skor 2-4 di hadapan hampir 69 ribu penonton Stadion Centenario, Montevideo, pada 30 Juli 1930.”Segala memori tentang Piala Dunia tersimpan di ingatan kepala saya yang tua ini. Tidak ada yang bisa mencurinya dari saya,” ujar Laurent yang meniggal di usia 97 tahun pada 11 April 2005.

Selama lima tahun kariernya membela Timnas prancis sejak 1930, Laurent tercatat bermain sebanyak 10 kali dan mencetak dua gol. Satu gol lainnya ia cetak ketika bertanding lawan timnas Inggris dalam laga persahabatan di Stadion Olympique Yves-du-Manoir, Colombes, Prancis, yang berakhir imbang dengan skor 1-1 pada 14 Mei 1931. (jun/sry)

TAKTIKQQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*